TUGAS ETIKA BISNIS

 

1.         PENDAHULUAN

Sejarah berdirinya PT Sari Husada

PT Sari Husada, adalah perusahaan yang memproduksi produk  bernutrisi untuk bayi dan anak-anak Indonesia, mulai dari aneka susu formulauntuk bayi hingga makanan bernutrisi dengan standar mutu internasional. PTSari Husada mulai berdiri dan beroperasi pada tahun 1954, yang merupakan bantuan dan kerjasama antara UNICEF, FAO, dan pemerintah Indonesia,untuk manajemennya ditangani oleh Bapindo dan diberi nama NV Sarideledengan tujuan utamanya adalah memproduksi makanan untuk bayi dengan bahan baku kedelai, dalam perkembangannya.Pada tahun 1962 ketika pemerintah Indonesia keluar dari PBB, makaUNICEF dan FAO juga melepaskan Saridele sedangkan manajemen dipegangoleh Perusahaan Farmasi Negara, kemudian perusahaan berganti namamenjadi PN Sari Husada. Pada tahun 1966, perusahaan menghentikan produk saridele dan menggantinya dengan produk susu bubuk bayi SGM dan SNMuntuk bayi berusia 6 bulan dan seterusnya. yang hingga kini dikenal dan banyak digunakan masyarakat luas. Berawal dari susu formula, kini produk- produk perusahaan ini berkembang dan terentang dari susu formula hingga produk makanan bergizi untuk bayi dan anak-anak.Pada tahun 1968, perusahaan ini diakuisisi PT. Kimia Farma, sebuahBadan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 1972 Untuk meningkatkan permodalan, PT Kimia Farma mengadakan joint venture

dengan PT Tigaraksadengan komposisi modal Kimia Farma sebesar 55% dan Tigaraksa sebesar 45%, dan seiring dengan dibelinya sebagian sahamnya oleh PT Tiga Raksa,nama NV Saridele diubah menjadi PT Sari Husada.Pada tahun 1983, PT Sari Husada go public dan komposisi modalnyaTigaraksa menjadi 39,5%, Kimia Farma 33%, dan masyarakat 27%. perusahaan ini pun masuk bursa dan saham-sahamnya diperdagangkan diBursa Efek Jakarta. Pada tahun 1992 Tigaraksa memiliki 13,4% danmengontrol 61,4% yang dimiliki PT Tigaraksa Satria sebagian besar sahamSari Husada dimiliki PT Tiga Raksa. Untuk memperkuat kedudukannya dalam peta persaingan global, pada tahun 1998 Sari Husada beraliansi dengan Nutricia International, BV (Royal Numico) yang berpusat di Amsterdam,4

 

Belanda dan kini Nutricia merupakan pemegang saham mayoritas SariHusada. Pada tahun 2006, agar Lebih fokus dalam pengembangan usahanya, perusahaan mengajukan perubahan status dari perusahaan publik menjadi perusahaan privat.Kemudian di tahun 2007, Danone Group mengakuisisi Royal Numico.Hingga dewasa ini, dengan pengalaman panjangnya di dalam menyediakan produk-produk bergizi tinggi, berstandar mutu internasional dan dengan hargaterjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, Sari Husada telah membuktikandirinya sebagai asset nasional yang sangat penting dan perlu diperhitungkan.tujuan utama PT Sari Husada adalah memenuhi kebutuhan nutrisi keluargaIndonesia dengan menyediakan produk-produk berkualitas tinggi denganharga terjangkau.

 

Visi dan Misi

Visi :Menjadi pemimpin pasar produk nutrisi bergizi untuk bayi dan anak diIndonesia.Misi : 1. Memperbaiki nutrisi masa pertumbuhan anak-anak Indonesia.2. Mengurangi impor makanan yang telah diproses khususnya produk susu bubuk.3. Turut serta membangun kesehatan dan kecerdasan bayi dan anak anak Indonesia dengan menyediakan produk nutrisi terpercaya danterjangkau.4. Menghasilkan pertumbuhan perseroan yang berkesinambunganmelalui sistem manajemen berkualitas tinggi dan pendekatan inovatif dalam budaya integritas tinggi.5. Mengutamakan kepuasaan seluruh stakeholders.

 

Produk – Produk PT Sari Husada

Beberapa produk yang diproduksi PT Sari Husada yaitu SGM, SGM-2, SNM,SNM Soy, LLM, VITALAC, VITALAC-2, Lactamil, VITA-NOVA, SGM-Junior, Sari Husada Full Cream Milk Powder, UHT,Lactamil Awal,Kehamilan,Lactamil Ibu Hamil,Lactamil Ibu Menyusui,Formula Awal,Formula Lanjutan, Formula Specialitisdst.5

 

2.         Pembahasan

Sari Husada memiliki tiga kode etik, yaitu:

1.Kode Etik Perilaku Sari Husada, yang berisi komitmen kuat Sari Husada akan15 kepercayaan, transparansi, kerjasama, tata kelola penyelenggaraan usaha,ketaatan dengan peraturan perundang-undangan, keterlibatan para stakeholder,keamanan makanan dan kepentingan konsumen, informasi produk dan pemasaran, bioteknologi, perlingkungan lingkungan, ketenagakerjaan, hak asasimanusia, kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan, integritas usaha,kebijaksanaan pelaksanaan usaha, keterlibatan politik, persaingan secara jujur,dan rantai pasokan. Sari Husada juga mempromosikan secara aktif Kode Etik Perilaku dengan seluruh mitra usaha, para kontraktor, para pemasok, dan paraklien.

2.Kebijakan Kewaspadaan Karyawan, untuk membantu para karyawan menjagadan melestarikan etika kerja dengan melaporkan kepada manajemen mengenaisetiap pelanggaran atau kecurigaan pelanggaran atas hukum atau kebijakan dan peraturan perusahaan, yang khususnya berhubungan dengan pelanggaran pidana; pelanggaran kode etik; bahaya terhadap kesehatan umum, keselamatankerja dan lingkungan; pemberian keterangan palsu; menahan, memusnahkanatau memanipulasi secara sengaja informasi terkait dengan pelanggaran; pembukuan, pengendalian pembukuan internal atau tata cara audit yang layak dipertanyakan.

3.Kebijakan Penyelenggaraan Usaha, yang menjelaskan prinsip-prinsip dalammenjalankan usaha, terkait dengan benturan kepentingan, suap dan pembayaranyang tidak lazim, serta undang-undang mengenai fiskal, perdagangan dan anti- pencucian uang.

 

3.         PENUTUP

PT Sari Husada, adalah perusahaan yang memproduksi produk bernutrisiuntuk bayi dan anak-anak Indonesia, mulai dari aneka susu formula untuk bayihingga makanan bernutrisi dengan standar mutu internasional. Sari Husada16 mempunyai struktur organisasi yang vertikal dengan 5 level manajemen antaradireksi sampai pekerja terendah, 45% dari total karyawan merupakan bidang produksi.Jasa Penjualan & Distribusi yang merupakan bisnis inti dari Perseroandilakukan dengan 2 (dua) metode distribusi yaitu dengan: (i) melakukan penjualankepada outletoutlet, baik dilakukan oleh Perseroan sendiri maupun melalui sub-distributor; dan (ii) melakukan penjualan langsung kepada konsumen (direct-selling.Departemen Teknologi Informasi (Information Technology Department)merupakan pusat pengelolaan informasi dan komunikasi yang ada di PT SariHusada. Pekerjaan yang dilakukan adalah untuk mendukung, membantu, danmemantau system komputer dan jaringan serta seluruh perangkat dan pemakaikomputer yang terhubung ke jaringan. Dalam hal ini, Information Technology(IT) Department memiliki kebijakan-kebijakan khusus bagi pemakai komputer agar penggunaan aplikasinya sesuai dengan yang diharapkan dari kebijakan yangtelah dibuat. IT Department menjamin kerahasiaan sistem dan melindungi datauser dari virus maupun gangguan sistem aplikasi yang digunakan.PT Sari Husada memiliki struktur organisasi yang sudah tertata profesional. Perusahaan memiliki dua lapis manajemen menengah dan dua lapismanajemen lini. Manajemen menengah terdiri dari manajer-manajer divisi dan pengawas departemen. Komitmen Sari Husada pada prinsip tata kelola perusahaanyang baik (Good Corporate Governance) diwujudkan dalam penerapan nilai-nilai budaya Perseroan pada setiap tingkat operasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: